Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Apakah ini merupakan pengalaman anak pertama anda? Jika benar, tak aneh jika banyak pertanyaan yang muncul dalam benak anda tentang bagaimana baiknya mengurus si buah hati..

Tak jarang ketika si kecil hadir, anda akan langsung mendapat kursus kilat dari sang nenek tentang bagaimana cara mengurus bayi yang baik..

Meski ada yang membantu, tetap pada prakteknya anda harus lebih mengandalkan diri anda sendiri…biar bisa…

Pengetahuan itu bagus, dan praktek akan menyempurnakannya…betul?

Merawat bayi merupakan pekerjaan penting selanjutnya setelah anda mengandung sembilan bulan lamanya. Bila sebelumnya kami menuliskan tips lengkap tentang cara merawat kehamilan dengan baik, hari ini akan dituliskan tips lengkap lainnya tentang merawat si kecil yang baru saja lahir…horeee selamat yah..

Bila kita merawatnya dengan baik nantinya sang buah hati kita akan tumbuh dengan sehat jasmani dan rohani bebas dari ancaman berbagai penyakit fisik dan hati

Mari kita mulai mengenai bahasan kita kali ini tentang cara merawat bayi yang baru lahir di bawah ini:

Jaga Perasaan Anda (Be Positive)

jaga-perasaan-be-positiveIni penting, bahkan sangat penting. Bayi mungil anda mampu mengenali perasaan anda. Karena itulah jaga mood anda, jangan lepas dari doa minta dimudahkan untuk menjalani hari serta mohon untuk diberikan kebahagiaan di setiap waktu anda bersama keluarga.

  • Bila ada masalah jangan lupa untuk bersabar dan bertawakal.
  • Bila mendapat rezeki jangan lupa untuk mengucap syukur.

Sifat orang tua akan tercermin pada anak anda. Percayalah, saya sering mengamati hal ini.

Merawat Tali Pusat Bayi

merawat-tali-pusat-bayiIni merupakan daerah yang sangat mudah terkena infeksi. Sangat sensitive, mohon untuk diperhatikan dengan baik.

Biasanya, tali pusat bayi akan terputus dalam waktu satu sampai dengan dua minggu dari kelahiran. Namun bisa jadi terputus lebih cepat ataupun melebihi waktu tersebut.

Yang mesti anda perhatikan ketika merawat bagian ini adalah:

  • Jika tali pusat bayi yang belum putus terkena air, misalnya ketika sang bayi sedang anda mandikan yang harus anda lakukan adalah segera keringkan bagian tersebut. Gunakan kain kasa ataupun cotton buds yang steril.
  • Jaga pangkal tali tetap bersih, jangan dibubuhi ramuan apapun
  • Kadang ada faktor yang kita tidak dapat kita antisipasi, karena itu meskipun telah melakukan perawatan dengan baik, tetap perhatikan bagian ini tetap cermat bila saja ada muncul tanda-tanda infeksi.
  • Untuk merawat tali pusat ini cukup gunakan air matang saja yah…dan biarkan tali pusar tetap terbuka. Jangan gunakan alcohol serta menutup tali pusat bayi.

Merawat Mata Bayi

cara merawat bayi yang baru lahirPerhatikan: bayi yang baru lahir belum pernah menangis, karena hal ini sumber air mata sang bayi belumlah aktif.

Air mata merupakan hal yang penting karena mampu mengatasi kuman. Namun kemampuan ini hanya bisa berlangsung dalam beberapa menit saja.

Ingat! Hanya dalam beberapa menit saja…

Air mata ini berasal dari sumber air mata yang terletak di bagian atas mata. Sumber air mata ini mengeluarkan air mata tiap tiga detik sekali. Air mata yang sudah keluar ini kemudian mengalir melalui saluran di bagian ujung tengah mata, dekat dengan hidung.

Saluran ini pada yang baru lahir belumlah aktif, masih tertutup. Meski kadang terbuka namun saluran ini kemudian akan menutup lagi. Keadaan ini membuat aliran air mata baik dari sumbernya maupun saat air mata ini harus dialirkan keluar dari mata masih terganggu.

Jadi apa tugas dari orang tua untuk keadaan ini:

Pertama:

Pastikan jari kuku anda tidak panjang, tidak tajam, tidak kasar..tolong jaga kebersihannya dengan baik..

Kedua:

Lakukan pemijatan di sekitar sudut mata si kecil dengan jari anda. Lakukan dengan lembut dari sudut mata ke arah bawah ke arah hidung. Lakukan lima hingga sepuluh kali. Terus lakukan ini dalam waktu dua minggu. Setelah dua minggu saluran mata bayi telah aktif.

Adalah merupakan hal yang penting untuk merangsang produksi air mata sang bayi sekaligus alirannya. Bila air mata tidak di alirkan maka yang terjadi adalah genangan air mata. Genangan ini akan kehilangan fungsinya untuk mengatasi kuman, yang terjadi adalah sebaliknya air mata yang tergenang akan memancing kuman.

Ketiga:

Bersihkan kotoran mata. Gunakan kapas steril, satu kapas per mata. Basahi kapas dengan air matang sebelum digunakan.

Merawat Kulit Bayi

merawat-kulit-bayiTujuan dari tahap ini adalah menjaga kulit bayi tetap halus, menjaga kelembabannya serta terhindar dari kekeringan, mengatasi biang keringat. Jika tahap ini terlaksana dengan baik maka bayi anda juga secara otomatis akan terhindar dari kuman.

Cara melakukannya adalah sbb:

  • Mandikan bayi minimal sekali sehari. Bayi yang baru lahir balum memiliki ketahanan terhadap dingin. Untuk memandikannya anda bisa me-lap bayi menggunakan waslap basah yang telah dibubuhi sabun bayi.
  • Sabun bayi yang digunakan adalah sabun yang mengandung pro-vitamin B5. Vitamin ini dapat menjaga kesehatan kulit, nyaman, membuat kulit si bayi tetap halus. Apakah sabun yang mengandung pro-vitamin B5 ini aman? Bila ada waktu, silahkan lihat >> Pantothenic acid (Vitamin B5)
  • Gunakan baby oil dengan vitamin E untuk menghindari kekeringan dan menjaga kelembaban. Dengan penggunaan baby oil ini kulit bayi aman dari lecet.
  • Gunakan bedak dengan kandungan pro-vitamin B5 untuk mengatasi masalah biang keringat. Sebagaimana telah disebutkan di atas vitamin ini selain mengatasi biang keringat juga dapat membuat kulit tetap halus dan lembut.
  • Anda bisa mencegah ataupun mengurangi kemunculan biang keringat ini dengan mengatur suhu ruangan, bisa menggunakan ac maupun menjaga ventilasi kamar dengan baik.

Tentunya anda sudah hapal kondisi lingkungan di sekitar anda bukan? Nah..ada waktu tertentu dimana tubuh kita akan mengeluarkan banyak keringat. Tentu saja hal ini juga berlaku bagi bayi anda. Ketika hal ini terjadi, lap bagian tubuh si buah hati yang berkeringat. Anda bisa menggunakan kapas yang telah dibasahi air hangat ataupun memakai tisu basah yang tidak beralkohol. Perhatikan are lipatan pada tubuh bayi anda.

Merawat Kulit Kepala

merawat-kulit-kepala-bayiAnda akan sering temukan kerak kepala (cradle cap). Biasanya dokter akan memberikan obatnya. Perlu dicatat bahwa kerak ini tidaklah berbahaya. Obat di sini bertujuan untuk membantu pelepasan cradle crap dari kepala si bayi.

Obat dari dokter ini biasanya diberikan pada air hangat yang digunakan untuk membersihkan kulit kepala si bayi. Usapkan air tersebut dengan lembut, nanti sikerak akan dengan sendirinya terlepas.

Pilihan lainnya bisa menggunakan baby oil. Cukup di usapkan baby oilnya, ditunggu 10-15 menit, pijat lembut lalu bersihkan.

Saya lebih prefer ke cara dengan obat dari dokter, dengan cara tersebut tidak perlu adanya pemijatan di bagian kepala si bayi yang masih lunak.

Kadang saya melihat beberapa bunda yagn terobsesi dengan tampilan membuat lucu anaknya, entah dengan topi ataupun penutup kepala yang lainnya. Saya ingatkan, jangan kenakan topi dan semacamnya bila memang tidak dibutuhkan. Jangan biarkan si kecil tidak nyaman karena kerak kepala ditambah dengan keringat.

Merawat Rambut

merawat-rambut-bayiSalah satu bahan alamiah yang bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut bayi adalah daun seledri. Untuk penggunaan shampoo, pilih shampoo yang memiliki kandungan pro-vitamin B5 serta lotion yang juga mengandung pro-vitamin B5 serta vitamin E. dengan ini rambut si bayi akan sehat, sekaligus kulit kepalanya akan lembut.

Merawat Hidung

merawat-hidung-bayiIni mudah. Namun harus tahu teknisnya!

Rongga hidung bayi memiliki pembersih alami jadi tidak perlu dirawat dengan khusus. Cukup bersihkan kotoran yang keluar saja dari hidungnya. Namun, bilamana si buah hati pilek sehingga rongga hidungnya berlendir, pernapasannya tersumbat. Isap keluar lender tersebut, bisa secara manual oleh orang tua ataupun menggunakan aspirator hidung bayi.

Disinilah teknisnya,…

Tutup sebelah hidungnya dengan jari, kemudian isap sebelahnya…lakukan bergantian

Jangan sampai mengisap kedua lubang hidungnya sekaligus! Ini Bahaya! Yang ada si lendir malah akan mengalir ke telinga tengah dan menyebabkan infeksi di sina.

Ingat! Lakukan teknis sederhana ini dengan benar!

Merawat Telinga Bayi

merawat-telinga-bayiSeperti halnya hidung, telinga dalam juga jangan anda sentuh. Boleh dibersihkan hanya jika si kotoran telah sampai keluar. Untuk memudahkan lunakkan kotoran tersebut menggunakan cotton buds yang telah dilembabkan dengan air hangat.

Untuk kotoran yang terlihat dan berada di dalam, silahkan minta tolong ke THT ataupun dokter anak saja.

Merawat Mulut

merawat-mulut-bayiKetika masih berusia 0-1 bulan, mulut serta bibir buah hati anda rawan akan jamur candida.

Namun jangan salah…

Penyebab dari jamur ini adalah anda, orang dewasa…

Ya, jamur ini ditemukan di selaput lendir pada vagina. Dengan kata lain jika tangan si bunda ataupun orang tua lain yang mengasuhnya tidak bersih setelah memegang vagina dan memegang sibayi,..seperti anda tahu bahwa tiap bayi memiliki kebiasaan untuk memasukan tangannya ke dalam mulut. Hal inilah yang kemudian akan membawa jamur candida ke mulut bayi anda.

Indikasi jamur ini terlihat dengan adanya busa-busa putih di sekitar bibir dan mulut. Obati jamur candida ini dengan resep dokter.

Dalam hal perawatan mulut bayi yang baru lahir ini, sebenarnya tidak perlu ribet. Adapun masalah yang muncul biasanya disebabkan oleh kelalaian dari orang tua.

satu hal lagi…

Kadang terlalu berlebihan dalam menjaganya juga bisa berakibat masalah…

Loh kok?…kok Loh? 😀

Misal:

Anda menggunakan kasa steril yang telah dilembabkan dengan air matang, anda gunakan kasa tersebut untuk membersihkan endapan dari susu yang ada dipermukaan lidah. Jika anda salah atau terlalu kasar maka yang ada adalah lidah bayinya yang lecet.

Endapan seperti ini tidak usah dibersihkan, apalagi bila si bayi telah memasuki usia tiga bulanan. Endapan susu pada lidahnya sudah pasti tidak ada karena dia sudah bisa mengonsumsi makanan yang padat. Jadi untuk kebersihan mulut nya cukup beri dia minum air putih saja.

Merawat Kuku

merawat-kuku-bayiBayi selalu menggunakan tangan mungilnya untuk menyentuh berbagai hal di sekitarnya.

Bagaimana dengan kuku bayi?…

Kuku si kecil bisa di gunting oleh anda bila sudah terlihat panjang. Hanya saja, karena tangannya yang super imut, lakukan hati-hati jangan sampai ada kulitnya yang terluka karena alat yang digunakan.

Lalu setelah digunting si kuku harus dikikir biar tidak tajam. Bahaya bila nanti si kecil melakukan gerakan menggaruk apalagi ke daerah sekitar matanya.

Untuk menghindari bahaya goresan kuku, berikan si kecil sarung tangan ketika anda sedang tidak mengawasinya. Namun bila anda mengawasi segala pergerakannya, tak usah dipakaikan sarung tangan. Biarkan dia belajar mengasah indera perabanya.

Pegang saja tangannya bila ada gerakan yang anda rasa akan membahayakannya.

Kembali ke pemotongan kuku…

Opsi terbaik adalah makukan aktifitas ini dengan bantuan suami kala si bayi tidur, seorang pegang tangannya dan lainnya memotong kukunya. Gunakan gunting kuku yang dirancang khusus atau yang baik untuk bayi.

Merawat Bokong

merawat-bokong-bayiBokong bayi merupakan daerah yang cukup sering bermasalah.

Bilamana tidak, bokong bayi pastinya selalu kontak langsung dengan popok yang biasanya basah oleh kencing si bayi.

Kelembaban karena basah inilah yang harus diperhatikan,.. ditakutkan akan memancing mikroorganisme yang bisa menyebabkan infeksi.

Penting bagi anda untuk menjaga agar bokong si mungil tetap kering dan bersih. Jangan gunakan diapers sepanjang waktu, cukup ketika bepergian ataupun tidur malam saja. Penting juga untuk tak berganti-ganti merk diapers, gunakan yang cocok saja. Bahkan lebih utama bila anda pakai popok kain saja.

Kadang biarkanlah bokong si kecil terbuka, biarkan dia tidur dengan keadaan yang tidak terkekang oleh diapers. Namun pastikan temperature udara, suhu ruangan nya hangat dan nyaman buat si bayi.

Kadang peradangan yang terjadi akibat popok ini terus muncul tidak membaik dalam 1-2hari, muncul bintil serta lecet. Bila itu terjadi segera periksakan si kecil ke dokter anak.

Air Susu Ibu (ASI)

air-susu-ibuKetika masih berada di dalam Rahim sang ibu, bayi akan selalu disuplai makanan lewat plasenta. Dengan demikian dia tidak pernah lapar…

Bagaimana setelah lahir..?

Bila lapar dia akan menangis…baik pagi, siang maupun malam dia akan menangis dan menangis. Yup, pada waktu ini menangis adalah satu hal yang mencirikan bahwa buah hati anda lapar.

Lapar adalah sensasi baru baginya, si kecil menangis karenanya..jadi bersiap-siaplah anda untuk selalu siaga di sepanjang hari dengan tangisan si kecil ini yah…

Pencernaan si kecil belumlah bisa mencerna makanan dalam jumlah banyak. Bayi akan beradaptasi sendiri dengan pola makannya, tidak perlu anda jadwalkan di awal-awal kelahirannya.

Setelah umur limat mingguan anda akan mulai melihat pola makan sang buah hati anda.

Btw, jangan lupakan nutrisi untuk bunda-nya juga yah…bayi akan sehat bila bunda yang memberikannya asi juga sehat.

Untuk lebih jelas coba baca tentang Tips Agar ASI Banyak, Kental dan Berkualitas ataupun informasi mengenai produk berikut:


gfdgrg65645tghs1_opIni adalah Madu For Mama dari Al Mabruroh, Madu untuk Ibu Menyusui.

Harganya Cuma Rp.65.000 Loh..Khasiat-nya sbb:

>Melancarkan ASI
>Memberi Nutrisi Tambahan untuk Bunda
>Melindungi Kesehatan Kulit
>Membuat Lancar Pencernaan
>Membersihkan Darah Kotor
>Membentuk Kolagen, yakni protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang.

Terbuat dari madu, sari kurma, daun katuk, daun pepaya, dan habbatussauda
>Klik pada link untuk info: Madu For Mama


Buang Air Kecil dan Besar (BAK dan BAB)

buang-air-kecil-dan-besarSama seperti jadwal makannya, bayi akan buang air dikala dia mau. Namun anda bisa mempelajari beberapa hal dari kegiatan buang air si kecil.

Bila dia sering buang air itu tandanya dia cukup makan, tanda yang bagus..

Jangan lupa ganti popok dia, jangan biarkan basah dan lembab. Sudah kita bahas di bagian atas bahwa popok yang lembab akan disukai mikroorganisme yang tidak baik. Selain itu popok yang basah tidak akan membantu menyamankan si kecil.

Buang air itu bagus?

Tentu…tapi amati juga air seni dan feces nya.

Bilamana ketika si mungil buang air kecil dan warnanya terlalu kuning, itu tanda bila si kecil kekurangan cairan.

Bila feces yang keluar tidak terlalu berbau serta lebih lunak, itu artinya si bayi telah mendapat asi yang eksklusif dari bundanya..

Good job bunda… 😀

Ingat, ketika sikecil selesai dengan kegiatan buang airnya, segera bersihkan kelaminnya, berikan krim khusus untuk bokong serta selangkangannya agar dia terhindar dari munculnya ruam popok.

Pakaian Bayi

pakaian-bayi-100-cottongPakaian haruslah disesuaikan dengan cuaca di daerah anda. Jangan jadikan pengetahuan leluhur maupun pengetahuan dari daerah lain sebagai satu-satunya acuan.

Lihatlah dari sudut pandang si bayi…

Misal untuk anda yang berada di daerah panas, tidaklah cocok memakaikan si kecil baja berlapis-lapis. Coba anda cek si kecil, apakah leher dia terasa panas dan lembab?

Bila iya..

Itu tandanya dia kepanasan. Gantilah bajunya dengan yang lebih menyamankan. Gunakan bahan berkualitas yang alami, seperti saja bahan yang terbuat dari 100% cotton agar keringat yang muncul dapat terserap dengan baik. Bukan itu juga, pilih bahan yang mudah dijaga kebersihannyak mudah dicuci serta disertika.

Perlengkapan Mandi Bayi

perlengkapan-mandi-bayiSegera hentikan pemakaian untuk produk yang menyebabkan alergi seperti saja bercak merah yang muncul seiring dengan pemakaian produk tersebut.

Alergi merupakan reaksi dari bayi terhadap produk yang anda pilihkan, bila cocok dia nyaman bila tidak dia akan terkena alergi.

Salah satu cara aman untuk memilih produk bisa anda cari produk-produk yang telah diuji secara klinis atau dengan istilahnya clinical proven mild (cmp).

Kulit bayi sangatlah sensitive, mudah iritasi. Oleh karena itu segala produk yang digunakan haruslah produk yang dikembangkan untuk bayi, jangan sampai samakan produknya dengan produk untuk orang dewasa. Contoh yang sering salah adalah penggunaan pengharum serta pelembut pakaian.

Kegiatan Yang Tidak Disukai

kegiatan-yang-tidak-di-sukaiMeskipun masih kecil namun insting perasaan mereka sudahlah aktif. Bagaimana tidak seringkali mereka akan menangis meskipun yang kita lakukan hanyalah sekedar menggantikan baja mereka, itupun biar mereka nyaman.

Namun tetap saja mereka menangis…

Lalu bagaimana caranya?

Caranya adalah lakukanlah dengan cepat kegiatan-kegiatan seperti memandikan, keramas, memakai baju serta pemberian obat tetes hidung serta mata.

Lakukan semua itu dengan cepat namun tetap dengan teliti…

Alihkan perhatian sikecil dengan mengajaknya mengobrol…

Kenyamanan Lingkungan

kenyamanan-lingkungan-bayiBukan hanya bayi sebenarnya yang perlu lingkungan yang nyaman dan bikin betah.

Orang tuanya pun butuh…

Lingkungan bisa dikondisikan, bisa diusahakan…

Buatlah agar nyaman seperti saja:

  • Ramai-nya pas
  • Hangatnya pas
  • Pencahayaan-nya pas
  • Bebas nyamuk dan serangga

Persiapkanlah agar kamar yang digunakan bebas dari nyamuk dan serangga, sebelum di buah hati datang. Jangan lakukan hal tersebut ketika si buah hati sudar hadir di rumah.

Jangan gunakan produk-produk semprot nyamuk dan serangga yang malah nantinya akan menyisakan zat-zat kimia berbahaya pada perlengkapan rumah, terutama si bayi.

Mainan

mainan-bayi-edukatifPilihlah alat bermain yang aman, menghibur sekaligus edukatif. Siapkan mainan dengan warna-warna yang cerah, bergerak, serta berbunyi. Pilih dengan hati-hati, karena selain ingin mengenalkan bentuk pada si kecil kita juga ingin merangsang indra penglihatan serta pendengarannnya.

Mainan berbentuk boneka akan membuat bayi senang hanya dengan merabanya.

Tidur

tidur-bayiBayi memerlukan tidur yang berkualitas 16 jam dalam seharinya.

Namun sering saya jumpai ibu yang mengatakan bahwa si buah hatinya tidurnya hanya sebentar-sebentar.

Untuk bayi yang baru lahir normal anda temui tidur malam si kecil yang gelisah dan sering terbangun.

Namun semua akan berbeda ketika usia si kecil telah mencapai 5 mingguan, buah hati anda akan mulai menemukan pola tidurnya. Dia akan tidur di awal malam, serta terbangun dua sampai tiga kali di tengah malam.

Untuk membuat tidurnya berkualitas ada beberapa hal yang bisa anda lakukan:

  • Siapkan air hangat yang telah diberi baby bath, lalu mandikan si kecil
  • Pijat sikecil menggunakan lotion maupun baby oil
  • Kondisikan agar kamar tenang dan nyaman
  • Gunakan produk bayi yang harumnya enak serta safe.

Mengenali Gangguan Penyakit

bayi-sehatAgar bisa mengatasi masalah yang satu ini satu yang harus anda miliki terlebih dahulu yakni:

Berpikir tenang…

Sering sekali para orangtua menemui berbagai hal yang mengkhawatirkan seperti hidung mampet, demam, lidah berjamur, kolik, infeksi mata, ruam popok serta cacingan.

Si bayi akan lebih rewel bila diganggu oleh penyakit tersebut..

Karena itulah anda diharapkan untuk tetap berpikir tenang dan cepat dalam bertindak dalam mengatasi pengganggu tersebut.

Carilah tahu mengenai apa yang terjadi pada si kecil dan segeralah atasi secepatnya.

Segera periksakan si kecil ke dokter anak bilamana gejala yang muncul adalah hidungnya mampet, infeksi pada mata serta lidahnya berjamur. Kasian si kecil…atasi cepat.

Bila si mungil mengalami ruam popok, buka popoknya, bersihkan bokongnya. Biarkan saja ia tanpa popok untuk beberapa waktu.

Bila yang terjadi adalah gejala kolik, buat dia nyaman, usap-usap perutnya, ayun-ayun dalam pangkuan anda sambil menyusuinya. Buatlah dia senyaman mungkin…

Siapa Saja Orang yang Ada di Sekitar Bayi

siapa-saja-orang-yang-ada-di-sekitar-bayiSeperti yang saya bilang di atas, meskipun masih kecil insting serta perasaan si bayi sudahlah aktif. Karena itu dia bisa merasakan apa yang dia suka dan apa yang dia tidak suka.

Perasaan si kecil tidak akan jauh dari perasaan ibunya. Karena ibu adalah orang terdekat dari si kecil pastinya. Bila si ibu kecapean lalu moodnya menjadi jelek, si bayi akan ikut rewel. Jadi dalam hal ini peran suami sangatlah penting, bantulah si bunda mengurus rumah dan tugas lainnya agar tidak kecapean.

Di lingkungan saya tinggal, kadang si bayi sering sekali banyak yang ingin mencandai-nya serta menggendongnya. Namun kadang si bayi kelelahan karena hal tersebut. Karena itulah amati dengan baik, bila dia sudah nampak lelah dengan orang-orang di sekitarnya bawa dia ke tempat yang lebih tenang.

Mungkin ini terlalu awal untuk dikatakan bagi anda yang baru memiliki bayi, tolong diingat tips paling awal di atas bahwa bayi akan menyerap perasaan orang tuanya, bagaimana besarnya dia nanti juga akan mencerminkan bagaimana orang tuanya. Jaga hati anda berdua, buat si buah hati merasa bahagia.

Itulah beberapa cara merawat bayi yang baru lahir yang perlu untuk anda perhatikan. Kami akan terus mengupdate website ini secara berkala, semoga tulisan kami bermanfaat sampai jumpa di lain kesempatan.

Bila anda belum mendapatkan kehamilan, silahkan baca-baca tentang tips cepat hamil berikut ini:

Bila anda memiliki teman ataupun saudara yang sedang hamil dan mengalami mual serta lemes, silahkan referensikan untuk membaca informasi tentang Madu Ibu Hamil Al Mabruroh yang kami yakin akan membantu para bumil untuk menjalani hari-hari kehamilannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!