Cara Merawat Kandungan dengan Baik

Anda sedang hamil?

Semangat yah…semoga anda dan sekeluarga selalu diberikan kemudahan dan kelancaran sekarang dan seterusnya.

Apakah anda sudah tahu cara merawat kandungan dengan baik? Tentu ini merupakan hal yang penting agar bumil serta bayi yang masih dalam kandungannya terus sehat..

Mengetahui cara menjaga kandungan yang baik selain sehat juga akan menghindarkan hal yang tidak diinginkan semacam keguguran dsb.

Apakah anda berminat mengetahui cara-nya?

Jika anda tertarik maka tulisan hari ini akan membantu anda.

Secara garis besar bahasan kita hari ini adalah:

#Faktor yang sesungguhnya menyebabkan keguguran

Maaf kalau hari ini kita memulai bahasan dengan topik yang kurang menyenangkan. Tapi ini penting untuk diketahui.

#Apa saja yang sebaiknya dilakukan ketika hamil

Salah satu best tips yang bisa anda baca di bawah adalah mengenai cara membuat bayi bersih dalam kandungan

#Apa saja yang sebaiknya diwaspadai ketika hamil

Beberapa diantaranya mungkin adalah sesuatu yang tak disangka-sangka dapat membahayakan kandungan anda. Jadi jangan terlewat membacanya.

Referensi lainnya yang bagus menurut saya adalah: Study identifies warning signs of pregnancy danger yang bisa anda temukan di http://news.temple.edu/news/study-identifies-warning-signs-pregnancy-danger anda bisa mengunjungi-nya sekarang ataupun setelah membaca informasi di sini.

Oke..Mari kita mulai bahasan tentang cara merawat kehamilan ini

Memahami Cara Merawat Kandungan Dengan Baik:


Faktor yang Sesungguhnya Menyebabkan Keguguran

Cara Merawat Kandungan dengan Baik Ibu Hamil Muda

a) Kelainan kandungan/rahim si ibu

Rahim ibu merupakan rumah sementara bagi sang janin. Seperti layaknya rumah yang kita tinggali, rumah adalah tempat di mana tumbuh dan berkembang. Bilamana rumahnya (rahim) tidak sehat atau tidak seperti yang semestinya maka hal ini akan berdampak pada janin. Dalam kasus kelainan rahim yang berat dapat mengakibatkan kegagalan janin.

b) Kelainan janin

Terkadang kita merasa tahu segalanya. Namun yang sebenarnya adalah masih banyak hal yang tidak kita mengerti di dunia ini, terlebih yang tidak disangka-sangka ataupun sesuatu yang jauh dari harapan.

Salah satu yang pastinya tidak pernah diharapkan adalah kelainan pada janin.

Janin yang bermasalah akan mengalami gangguan pertumbuhan, dalam kasus yang berat sama halnya seperti faktor pertama diatas yakni dapat terjadi kegagalan janin (keguguran).

Kelelahan-sang-ibuc) Kelelahan sang ibu

Ini penting dan bisa anda kontrol dengan baik bila anda sadar akan kondisi anda.

Hamil merupakan keadaan baru bagi anda. Pola hidup dan aktifitas yang biasa anda lakukan perlu untuk anda tinjau ulang kembali.

Bila anda asal dan tidak aware akan kondisi, yang terjadi adalah anda akan diserang lelah. Lelah bisa merembet ke stress. Bila semuanya terus berulang dan bertambah bukan tidak mungkin bisa memicu keguguran.

d) Infeksi kehamilan

Infeksi selalu erat kaitannya dengan apa yang kita pegang atau kita sentuh. Dalam hal ini adalah lingkungan sang ibu.

Jagalah diri anda, kenali lah lingkungan tempat anda hidup.

Kadang meski kita pribadi menjaga diri, lingkungan sekitar selalu memiliki potensi untuk memberi dampak negatif pada diri kita.

Saat ini banyak orang yang mungkin secara sadar maupun tidak sadar telah menjahili orang lain dengan aktifitasnya. Contohnya saja asap rokok maupun virus.

Beberapa virus yang menyebabkan keguguran adalah hepatitis serta HIV AIDS.

Apa yang sebaiknya anda lakukan ketika hamil:


Tips pertama pada bagian ini merupakan tips acuan yang dapat menghindarkan ibu hamil dari 4 faktor penyebab keguguran di atas sedini mungkin. Tips tersebut adalah:

1) Konsultasikan Perkembangan Kehamilan anda pada Bidan/Dokter Kandungan

Konsultasikan-Perkembangan-Kehamilan-anda-pada-Bidan-Dokter-KandunganKegiatan konsultasi ini akan menjadi aktifitas berkala anda di awal kehamilan serta akan semakin kerap anda lakukan menjelang waktu kelahiran.

Konsultasi perkembangan kehamilan merupakan kegiatan bersama suami istri yang tidak boleh dilewatkan.

Biasanya di trimester awal anda cukup berkonsultasi satu kali saja perbulannya. Namun di tiga bulan terakhir menjelang kelahiran, lakukan konsultasi dan pemeriksaan yang lebih sering.

Kegiatan konsultasi ini merupakan kesempatan anda untuk mengungkapkan gejala, keluhan, serta pertanyaan lainnya seputar kehamilan anda. Jangan malu maupun malas untuk bertanya, apalagi ada yang anda sembunyikan mengenai kehamilan anda.

Apa yang anda konsultasikan akan dicatat dan menjadi data acuan untuk tindakan selanjutnya. Misalnya saja: anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin tertentu, atau bisa juga anda dilarang untuk mengonsumsi makanan tertentu.

Tentunya saran mengenai apa yang disarankan maupun apa yang dilarang akan berbeda pada tiap ibu hamil.

Melakukan konsultasi kehamilan dengan baik akan membuat anda terhindar sedini mungkin dari 4 faktor penyebab keguguran di atas serta lebih siap dalam menghadapi hari H persalinan

2) Memberi Nutrisi yang Berkualitas untuk Anda dan Janin

Memberi-Nutrisi-yang-Berkualitas-untuk-Anda-dan-JaninBeberapa waktu lalu saya berbincang dengan sepupu saya yang lagi hamil 4 bulan-an. Dia bilang di awal kehamilannya dia gak selera makan karena selalu mual. Bahkan dia bilang, satu piring kecil bisa cukup untuk seharian dan gak makan lagi.

Waduh! jangan dong sis…#itu yang saya bilang ke dia, dan obrolan kami pun berlanjut…

Morning sickness…

Itulah istilah untuk gejala mudah lelah, pusing serta mual-mual yang anda rasakan.

Ya,..saya mengerti jika perasaan mual dan pengen muntah membuat selera makan anda hilang. Karena hal ini pula anda mulai picky a.k.a pilih-pilih makanan/minuman yang anda ingin saja.

Apa boleh anda picky?

Boleh…tapi pilih makanan serta minuman yang baik untuk anda dan janin anda.

Apa yang gak boleh?

Yang gak boleh adalah anda males makan + memilih makanan/minuman yang gak baik untuk anda dan kandungan anda.


gdfgsrgfrtgted5453Ini adalah Madu Spesial untuk Ibu Hamil,..Harganya Cuma Rp.60.000 Saja Loh…Khasiat-nya sbb:

>Menguatkan Rahim & Janin
>Mengurangi Mual
>Menambah Energi & Daya Tahan Tubuh
>Memperbaiki Nafsu Makan
>Menjaga Janin dari Keracunan
>Mengatasi Sulit Buang Air Besar
>… (masih banyak lagi khasiatnya#)
>Klik link untuk info: Madu Ibu Hamil Al Mabruroh


Makanan dan minuman yang harus dihindari oleh anda:

  • Minuman ber-kafein dan ber-alkohol
  • Makanan yang memakai pengawet. Bahan kimia pada pengawet sangat berbahaya.
  • Keju terutama keju putih. Keju putih dapat menyebabkan keguguran spontan.
  • Makanan yang dimasak kurang matang/setengah matang. Ini rentan akan diare dan resiko terkena penyakit toksoplasma.

Ingat: Nutrisi yang berkualitas akan menjaga anda untuk tetap sehat. Nutrisi yang berkualitas akan baik untuk perkembangan bayi anda. Nutrisi yang benar itu vital.

Nutrisi Terbaik untuk Ibu Hamil
.

Nutrisi-yang-berkualitas-untuk-ibu-hamil1

Nutrisi-yang-berkualitas-untuk-ibu-hamil2

Penting bagi ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya agar terhindar dari dehidrasi. Caranya mudah, minumlah sedikitnya 8 gelas (2 liter) air putih setiap harinya.

Bila badan anda lemas karena kurang darah, konsumsilah suplemen penambah darah yang cocok atau disarankan oleh dokter untuk anda. Untuk perkembangan janin yang baik cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat juga dapat membuat ASI anda jadi banyak nantinya. Untuk bahasan yang lebih lengkap mengenai ini, coba baca tentang cara agar ASI banyak dan kental.

Best Tips Cara Merawat Kandungan Dengan Baik:
.

Makanan & Minuman yang Menjaga Kebersihan Rahim
.

Seringkali tips ini juga disebutkan sebagai tips agar bayi bersih dalam kandungan. Namun yang paling tepat adalah makanan yang dapat menjaga kebersihan rahim.

Bila rahim anda bersih secara otomatis si bayi yang berada dalam rahim anda juga bersih bukan?

Air putih

Tingkat kejernihan air ketuban dipengaruhi oleh air putih yang anda minum. Semakin baik kuantitas serta kualitas air putih yang anda minum maka semakin jernih air ketuban anda. Hal ini dapat terjadi karena air putih yang anda minum tersebut membantu kelancaran proses metabolisme anda.

Kacang Hijau

Selain air putih, kacang hijau juga dapat membantu menjernihkan air ketuban anda. Selain itu, kacang hijau juga merupakan sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan janin/perkembangan kandungan.

Air Tahu/Susu Kedelai

Saya diberi tahu kalau minum air tahu juga menghasilkan efek yang sama. Bila anda bingung dengan air tahu, air tahu ini sebenarnya adalah susu kedelai. Namun, jangan berlebihan dalam konsumsi soy milk, karena terlalu banyak mengonsumsi gak bagus buat kesehatan. (Mengenai soymilk ini, silahkan googling lagi informasinya yah…)

Air Kelapa Muda

Kandungan elektrolit pada air kelapa muda dapat menjaga kebersihan rahim serta kejernihan air ketuban.

Dari sedikit ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa: Kita dapat menjaga kebersihan bayi di dalam kandungan dengan cara meningkatkan kualitas air ketuban. Air ketuban yang jernih dapat menjadi lingkungan yang bersih buat si bayi. Air ketuban yang jernih bisa didapatkan dengan rajin mengonsumsi air putih, kacang hijau, air tahu/susu kedelai, dan air kelapa muda.

Btw…

Pernah dengar kalau air kelapa dapat menyebabkan keguguran? Sesungguhnya itu adalah isu yang menyimpang alias TIDAK BENAR!

Malahan anda akan lebih disarankan untuk mengonsumsi air kelapa muda oleh dokter atau bidan anda pada bulan ke-6 kehamilan sampai dengan waktu kelahiran si bayi.

Agar lebih jelas saya sertakan informasi di bawah ini:

Manfaat air kelapa muda untuk tubuh dan ibu hamil
.

a) Elektrolit Alami

Air kelapa muda adalah isotonik alami yang kaya akan mineral. Nilai plus-nya dibanding isotonik lain adalah kandungan elektrolitnya yang sejenis dengan elektrolit tubuh.

Kenapa “kesejenisan” elektrolit ini menjadi nilai plus bagi air kelapa muda?

Jawabannya: Elektrolit yang sejenis akan lebih mudah diterima tubuh. Istilahnya langsung “KLOP” dengan tubuh anda tanpa menimbulkan masalah.

Kandungan elektrolit klorida, potasium, sodium, kalsium, riboflavin serta magnesium pada air kelapa muda akan memudahkan anda untuk mencukupi kebutuhan cairan serta memulihkan stamina tubuh anda.

Ketika hamil anda membutuhkan air lebih banyak. Itu wajar karena kini anda tengah berbadan dua. Dehidrasi ketika hamil dapat mengundang ketidakberuntungan seperti kram, sakit kepala, edem bahkan dapat memicu kontraksi penyebab persalinan prematur.

b) Diuretik Alami

Dengan fungsi sebagai diuretik yang alami, air kelapa muda dapat mengeluarkan zat racun dari tubuh dengan melancarkan pembuangan air seni anda. Tidak hanya itu sifat-nya yang steril akan sangat membantu membersihkan saluran kemih anda sekaligus menjaganya dari infeksi saluran kemih yang lumayan sering muncul pada perempuan hamil.

c) Anti Penyakit

Ini manfaat yang luar biasa dari air kelapa muda.

Kandungan asam lauric pada air kelapa muda berperan sebagai anti bakteri, anti virus serta anti jamur. Sama halnya dengan asam lauric yang ada pada ASI. Dengan asam lauric ini kesehatan ibu hamil dan bayi-nya akan terjaga dari virus-virus seperti HIV serta herpes, protozoa giardia lamblia serta bakteri heliokobate dan klamidia.

d) Meningkatkan Pencernaan

Ketika hamil, plasenta anda menghasilkan hormon progesteron yang melambatkan kontraksi otot lambung. Akibatnya adalah pencernaan anda jadi lebih lambat.

Pada kasus ini air kelapa muda bisa meningkatkan kinerja pencernaan anda.

e) Menambah jumlah kolesterol baik dalam tubuh (HDL)

Soal rasa, anda pasti tahu makanan tertentu yang bersantan (umumnya olahan daging-dagingan) memanglah enak. Namun bila tidak terkontrol konsumsi makanan ini memberikan lemak serta kolesterol buruk yang untuk kesehatan anda.

Lain hal dengan air kelapa muda, dia tak berlemak dan malah memberikan kolesterol yang sehat untuk tubuh anda. Dalam istilah kesehatan kolesterol baik ini dinamakan HDL.

3) Peran Optimal Suami dalam Memberikan Istri Kenyamanan serta Waktu Lebih untuk Beristirahat

Peran-Optimal-Suami-dalam-Memberikan-Istri-Kenyamanan-serta-Waktu-Lebih-untuk-Beristirahat

Suami adalah tempat berbagi bagi istri. Pada masa kehamilan ini suami harus memberikan dukungan penuh pada istrinya.

Membantu pekerjaan rumah dan mendengarkan keluhan istri akan membangun hubungan yang positif serta mental yang kuat bagi sang istri untuk menjalani masa-masa kehamilannya.

Kenyamanan dan bantuan yang diberikan suami dapat menyediakan waktu buat sang istri untuk rileks baik secara fisik maupun psikis-nya.

Saya selalu kagum dengan suami yang selalu sayang pada istrinya. Lucu dan romantis sekali rasanya melihat mereka bersama-sama merawat si bayi yang baru lahir. Coba baca tulisan bermanfaat berikut ini cara merawat bayi yang baru lahir dengan baik.

4) Olahraga untuk Ibu Hamil

Lakukanlah olahraga ringan yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah serta membuat rileks pikiran anda.

Olahraga-untuk-Ibu-Hamil

Silahkan konsultasikan dengan bidan atau dokter mengenai olahraga yang cocok serta bisa membantu anda.

Dari saya, rekomendasinya adalah yoga untuk ibu hamil. Pada yoga, gerakan-gerakannya ringan namun tetap berkeringat serta membantu anda dalam melatih pernapasan.

Misalnya saja adalah video di bawah ini:

Source: https://www.youtube.com/watch?v=Y_ReOeY4GiU

Pilihan lainnya untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh adalah dengan berjalan-jalan di pagi hari. Jangan malas untuk yang satu ini karena memang mudah sekali. Selain itu anda juga mendapatkan bonus cahaya matahari pagi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang anda.

Dalam pelaksanaannya perhatikan kondisi tubuh anda plus waktu pelaksanaannya. Jangan sampai anda kelelahan karenanya.

Apa yang Sebaiknya Diwaspadai Ketika Hamil:


1) Over-activity atau Aktifitas Berat

Over-activity-atau-Aktifitas-BeratAturlah aktifitas anda. Hindari melakukan pekerjaan yang dapat menguras tenaga serta pikiran anda apalagi sampai mengambil waktu istirahat anda.

Ketika beraktifitas, jangan duduk terlalu lama begitupun jangan berdiri terlalu lama.

Jangan pula berpikiran untuk tidak melakukan apa-apa sama sekali. Selain anda akan bosan, terlalu lama berdiam diri justru akan menyebabkan badan jadi lebih cepat lemas serta tak nyaman.

Ingatlah apa yang telah dibahas di atas bahwa beraktifitas terlalu berat merupakan salah satu faktor yang sesungguhnya menyebabkan keguguran.

Untuk anda yang berkarir, kurangi intensitas pekerjaan anda ketika hamil.

Faktor tekanan darah yang rendah juga juga mewajibkan anda untuk extra waspada agar tidak berlebihan dalam beraktifitas. Tidak jarang pusing yang disebabkan tekanan darah bisa membuat anda oleng bahkan jatuh.

2) Emosi & Stress

Kendali diri serta mendekatkan diri pada Yang Maha Mencipta akan sangat-sangat membantu anda dalam mengelola emosi anda yang seperti yoyo.

Emosi-StressEmosi erat kaitannya dengan stress.

Jangan lupa bahwa stress adalah salah satu faktor penyebab keguguran.

Perubahan hormon dalam tubuh anda salah satu penyebab tidak stabilnya emosi anda ketika hamil.

Menyikapi keadaan ini, suami harus extra bijaksana dalam membantu menurunkan emosi istrinya. Lakukanlah kegiatan bersama yang membuat istri rileks dan gembira.

Dalam hal ini metoda relaksasi dan teknik pernafasan seperti yoga juga sangat bermanfaat bagi anda. Jangan memilih makan cokelat untuk menenangkan pikiran anda. Kendatipun sejatinya cokelat memberikan efek yang menenangkan, namun cokelat juga mengandung kafein yang tidak baik untuk kandungan anda.

Mengutip Eko Handayani MPsi, seorang Dokter bagian psikologi klinis anak UI, “…ibu hamil yang mengalami stress akan meningkatkan resiko melahirkan bayi prematur dan bayi lebih kecil. Bahkan bahaya stress pada ibu hamil dapat mengakibatkan janin keguguran.”

Bayi dalam kandungan anda dapat merespon perasaan anda. Say no to stress!

3) Kebiasaan buruk dan Hal-Hal Tak Terduga yang Sebenarnya Tidak Baik untuk Kandungan Anda

Kebiasaan-buruk-dan-Hal-Hal-Tak-Terduga-yang-Sebenarnya-Tidak-Baik-untuk-Kandungan-AndaAgar bayi yang dikandung lahir dengan sehat jasmani dan rohani, hindarilah beberapa hal berikut ini:

  • Rokok. Baik anda perokok aktif maupun pasif, asap rokok meracuni anda.
  • Kafein. Berpengaruh pada jumlah zat besi dalam tubuh anda serta dapat menambah berat anemia anda.
  • Alkohol. Emang gak ada manfaatnya sama sekali.

Yang termasuk kategori tidak terduga adalah:

  • Jamu-jamuan atau obat-obatan yang biasa atau akan anda konsumsi. Pelajari dulu, konsultasikan dulu jangan sembarangan minum karena ditakutkan akan berbahaya pada janin anda.
  • Kurangi atau hentikan sementara pemakaian produk kecantikan tertentu. Beberapa bahan yang tertentu dalam produk-produk ini dapat berbahaya bagi kandungan.
    **Terdapat beberapa produk lotion yang ternyata bisa mempengaruhi kadar hormon anda. Pilihlah lotion yang terbuat dari bahan alami.
    **Perhatikan pewarna rambut anda. Bilamana anda mempergunakannya, pilihlah pewarna yang alami.
  • Jangan mandi berendam dalam air hangat. Hal yang sejenis dengan ini adalah perhatikan kegiatan memasak anda. Jangan sampai panas dari kegiatan ini mengganggu kandungan anda.
  • Ketika mengurus rumah, jangan kontak langsung dengan produk pembersih. Misalnya cairan pel. Bahan kimia-nya dapat mengganggu perkembangan janin anda. Untuk bersih-bersih anda bisa mengganti-nya produk di atas dengan air, baking soda maupun cuka.

4) Hubungan Seksual di Awal Kehamilan

Hubungan Intim di Kehamilan Trimester Pertama, Bolehkah ?

Hubungan-Seksual-di-Awal-KehamilanIni boleh dilakukan, namun perhatikan kondisi ibu hamil.

Dengan kata lain: Apakah kegiatan seksual yang dilakukan akan mengganggu kesehatan fisik & psikologi ibu hamil atau tidak?

Sebenarnya, banyak ibu hamil yang kurang nyaman ketika berhubungan seksual. Beberapa alasannya adalah ukuran tubuhnya yang membesar serta perasaan mual yang menyebabkannya sering muntah. Menghadapi kasus seperti ini, suami dituntut untuk lebih peka dan dapat memberikan yang terbaik untuk istrinya.

Fakta selanjutnya adalah: Awal kehamilan merupakan keadaan yang tidak ideal bagi perempuan. Karena pada saat ini tubuhnya tidak fit seperti biasanya.

Melihat kepada fakta tersebut, seringkali pasangan suami istri disarankan untuk mengurangi intensitas hubungan seksual-nya. Alasannya:

  • Rahim akan mengalami kontraksi ketika terjadi orgasme.
  • Kontraksi rahim bukanlah sesuatu yang ideal terjadi. Karena, di awal kehamilan ini kekuatan rahim belum optimal. Si janin masih dalam tahap adaptasi dalam rahim anda, bentuknya pun masih segumpal darah saja.

Pastikan keamanan, kenyaman serta kesehatan janin & ibu hamil jadi prioritas yang utama dibanding pertimbangan lainnya. Untuk memastikan hal ini, yang harus dilakukan adalah:

  • Ketahui usia kehamilan
  • Berkonsultasi untuk memeriksa kekuatan kandungan. Bila hasil pemeriksaan menunjukkan rentan terhadap keguguran maupun lahir bayi prematur, untuk sementara baiknya hentikan dulu aktifitas seksual anda.

Kondisi yang menandakan kandungan yang rentan adalah:

  • Pernah keguguran
  • Pernah melahirkan bayi secara prematur
  • Mengalami tanda-tanda seperti: pendarahan dalam vagina namun tanpa penyebab, plasenta previa (suatu kondisi plasenta yang menutupi serviks pada jalan lahir), kontraksi rahim, jumlah cairan amnion sedikit, serviks lemah, dilatasi prematur serta tanda kehamilan kembar.

Beberapa catatan yang harus diperhatikan:

  • Sebenarnya, dorongan seksual tiap ibu hamil adalah berbeda. Ada yang dorongan seksualnya lebih meningkat ketika hamil, ada juga yang tidak.
  • Suami juga bisa mendapatkan dorongan seksual yang lebih besar ketika istri hamil. Hal ini terjadi karena: suami melihat fisik sang istri lebih seksi ketika hamil atau bisa juga suami mendapatkan rangsangan seksual lebih besar karena temperatur vagina yang lebih hangat.
  • Ketika berhubungan seksual, perhatikan perut ibu hamil. Jangan tertekan terlalu berat karena bisa menyebabkan keguguran.
  • Ejakulasi di dalam dapat memicu kontraksi rahim. Lakukan ejakulasi di luar agar prostaglandin yang terkandung dalam sperma tidak memicu kontraksi ini.

Contoh Posisi Berhubungan Seks yang Aman Pada Masa Kehamilan:

Posisi sendok kembar

Suami istri tidur di sisi yang sama. Suami berada di belakang istri, keduanya menekuk tubuh membentuk huruf C.

Posisi military yang di sesuaikan

Untuk menghindari tertekannya perut istri, istri tidur di salah satu sisi tempat tidur dengan kaki menyentuh lantai. Dengan posisi ini suami bisa memasukkan Mr. P dari arah depan istri dengan mudah, namun perhatikan kedalaman serta kecepatannya.

Masih banyak posisi yang lainnya dan bakal kepanjangan kalau ditulis di sini semuanya 😉

Mungkin suatu hari saya akan menuliskan dengan lebih terperinci.

Anda pun bisa mencari posisi seks yang aman dan nyaman untuk diri anda pribadi. Yang perlu diingat adalah jangan terlalu dalam ketika melakukan penestrasinya.

Oral seks maupun onani juga merupakan salah satu solusi yang bisa dipergunakan oleh anda.

Meskipun pada umumnya masyarakat Indonesia tabu dalam membicarakan seks, untuk alasan kesehatan kandungan anda cobalah konsultasikan masalah hubungan intim ini dengan dokter kandungan anda.

Cukup sekian dulu untuk hari ini, semoga bermanfaat yah informasinya.

Bila anda memiliki teman atau saudara yang belum hamil, coba rekomendasikan mereka untuk membaca tulisan kami berikut ini: Madu Eury X – Madu Ginseng Pasak Bumi Penyubur Pria, Makanan penyubur sperma pria dan kandungan wanita, Tips Cepat Hamil – Mengetahui Periode Kesuburan & 12 Wajib yang Memudahkan Kehamilan

Thanks & See You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!